Sunday, November 10, 2013

CARA MEMASANG DAN SETTING JARINGAN WARNET

Selamat datang kembali di blog saya REVIE ZONE,,, Semoga coretan-coretan yang saya buat bermanfaat bagi para peselancar Internet semua,,,


                     (contoh Topologinya)

Oke Kita langsung ke pembahasan
        Pertama-tama kita butuh ruangan untuk mengisi peralatan warnetnya Butuh jaringan internet , ya minimal yang sering terdengar dan ditelinga kita yaitu Speedy. silahkan dipesan sesuai kebutuhan warnet kita di khususkan untuk para gamer atau para bro - bro yang suka berselancar sekedar cari info seperti ini ,cukup duduk dihadapan mbah google dan langsung ketinkkan " Cara memasang dan Instalasi jaringan warnet" di Reviezone.blogspot.com

 

         Untuk Modem ADSL biasaya udah dapet free dari pihak yang menyediakan layanan internet.
Komputer Terdiri dari SERVER dan CLIENT , usahakan komputer server lebih tinggi spesifikasinya dari client , biar gax terlalu lemot .
HUB / SWICH  pembagi jaringan (bila belum tau HUB/Swich googling gambarnya ya,, hehehe)
Oke kita mulai merakit dan mengatur jaringanya ,
Untuk koneksi internet biasanya para pelanggan langsung bisa mengunakannya, karena telah di set dari penyedia jasa layanan internet tersebut. jadi gak usah repot-repot mas bro.

  • Langkah Pertama , Pasangkan kabel LAN dari modem ADSL ke Hub Pada urutan 1 , ini merupakan gateway yang bisanya mendapatkan IP default 192.168.1.1 
  • Langkah Kedua , pasangkan  kabel lan dari hub lan no 2  >>> Ke server , biasanya hub terkini sudah mengatur IP secara otomatis . tapi ada baiknya  pada server kita  setting seperti gambar berikut ini. 

          Nah Untuk Seterusnya tinggal kabel ke komputer Client.  Untuk komputer client bisa kita mulai dengan dengan IP 192.168.1.3 gatewaynya tetap 192.168.1.1 karena itu ip dari modem ADSL nya.
Catatan usahakan Settingan pada Client Sama seperti gambar , tinggal merubah IP adressnya saja. Detail  
"Client 1     192.168.1.3  |  client2   192.168.1.4 | client3 192.168.1.5   dan seterusnya."
        Fungsi memasang ip setiap komputer agar tidak terjadi bentrok IP / Biasanya ditandakan dengan tanda seru pada icon LAN.
INSTALSI BILING 
Selanjutnya kita ke proses instalasi biling warnet sobat REVIE , Biling warnet ada yang free seperti handycaffe  tinggal download ajah dan yang berbayar Adalah biling exploler . tapi banyak crack tersedia.
Ini contoh billing Handycaffe dan billing exploler :
( Billing Handycafe)

(billing exploler)


inti dari instalasi software ini hanya terletak pada pilihan . karena pada saat instalasi kita tinggal memilih Untuk SERVER atau CLIENT  dan tinggal mengkonfigurasi ip Server pada masing-masing komputer client.
hal yang sangat mutlak adalah setting biaya biling , ini adalah wajib tergantung keingin anda menetukan tarif pada warnet anda.

Sekian aja dulu ya,,, semoga bermanfaat,,, selamat menikmati ,,, salam sahabat REVIE.

No comments:

Post a Comment